Pengertian Brand Image dan 4 Elemen Penunjang Brand Image

Untuk mendapatkan Awareness di hati para konsumen, pastinya sebuah produk harus memiliki kualitas yang baik.

Sebuah Produk yang baik tentunya akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari para Konsumen.

Jika Produk yang kamu pasarkan ingin mendapatkan Awereness dari calon konsumen kamu, maka kamu harus menimbulkan kesan yang baik dari produk yang kamu jual kepada para konsumen.

Kesan yang baik akan menimbulkan Persepsi yang baik tentang produk tersebut di mata konsumen.

Jika Persepsi yang baik tentang produk kamu sudah kamu timbulkan, maka kamu akan dengan mudah mendapatkan Awareness dari para Konsumen.

Persepsi yang ditimbulkan dari sebuah produk merupakan Citra produk tersebut.

Citra dari suatu merk inilah yang bisa disebut dengan Brand Image.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Brand Image adalah Persepsi yang ditimbulkan konsumen dari sebuah produk melalui kesan atau pengalaman masa lalu dari Produk tersebut. Citra dari sebuah Produk inilah yang dinamakan dengan Brand Image.

Brand Image terbentuk melalui keyakinan dan Preferensi konsumen tentang Produk tersebut di masa lalu.

Brand Image yang Positif di mata konsumen akan sangat memungkinkan konsumen untuk melakukan Pembelian.

Elemen-elemen Yang Ada Pada Brand Image

Menurut Sandy (2010) yang mengacu pada Karby (2004), Brand Image memiliki 4 elemen penting yang harus diperhatikan, di antaranya:

1. Ketahanan (Tenacity)

Kualitas yang dihasilkan dari sebuah produk tertentu harus memiliki jaminan yang baik sesuai dengan Citra merk tersebut.

Bahan-bahan yang digunakan Produk tersebut juga harus menggunakan Bahan-bahan yang bermutu  sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan suatu produk tersebut.

2. Kesesuaian (Congruence)

Untuk membuat brand mudah dikenal oleh para konsumen dengan baik, maka diperlukan pola Pemasaran yang baik dan sesuai.

Daya ingat konsumen akan ditimbulkan dari ciri khas produk yang ditonjolkan. Misalnya, Logo, lambang, Slogan, dll, juga akan menciptakan Brand Image yang baik di mata para konsumen.

Karakteristik yang sesuai inilah yang nantinya harus ditonjolkan pada saat mengiklankan produk kepada Calon Konsumen.

3. Keseksamaan (Precision)

Kualitas yang dihasilkan Produk kemarin dan produk sekarang harus konsisten, hal ini sangat mempengaruhi para konsumen untuk melakukan pembelian secara berulang.

Jika Kualitas suatu produk tidak konsisten dan berubah-ubah, maka akan menimbulkan rasa kecewa dari para konsumen nantinya, karena Ekspektasi yang tidak sesuai dengan yang diharapkan para konsumen.

Harganya pun harus Konsisten di setiap tempat. Karen Harga merupakan faktor utama yang paling diperhitungkan oleh para konsumen.

Jika Harga dari setiap tempat berbeda-beda di setiap tempat, maka akan menimbulkan kesenjangan bagi para konsumen.

4. Konotasi (Connotation)

Setiap Produk harus memiliki Variasi agar tidak menimbulkan rasa bosan bagi para konsumen.

Dengan adanya Variasi produk, konsumen juga dapat memilih sesuai dengan keinginannya.

Dan yang terakhir adalah pelayanan, Pelayanan yang diberikan atau dihasilkan dari sebuah produk merupakan jaminan utama untuk menimbulkan persepsi yang baik dari para konsumen.

Kesimpulannya Brand Image merupakan suatu pola pikir para konsumen mengenai salah satu produk.

Untuk menunjang Brand Image yang baik maka suatu produk harus memiliki 4 elemen diatas.

Sekian artikel ini saya buat semoga menambah pengetahuan buat kamu yang sudah membacanya.


Referensi:

SaveAsBrand: http://saveasbrand.com/pengertian-brand-image-yang-harus-anda-ketahui/

Pendidikan Ekonomi: http://www.pendidikanekonomi.com/2012/11/pengertian-brand-image.html

Dictio: https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-citra-merek-atau-brand-image/14029

Blog Beekreatif: http://blog.beekreatif.id/id/brand-image-adalah-persepsi-konsumen/

 

Leave a Comment