Apa Itu City Branding, dan Apa Saja yang Didapat dari Penerapannya?

City Branding – Istilah Branding memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat kota.

Di era Globalisasi seperti sekarang ini, para konsumen rela mengeluarkan kocek yang besaruntuk mendapatkan brand tertentu dalam suatu produk.

Dari sebuah Brand inilah kita bisa menggambarkan atau menceritakan identitas sebuah produk untuk membangun atau mengolah reputasi.

Seiring berkembangnya zaman, konsep branding pun ikut mengalami perkembangan, sekarang ini istilah brand tidak hanya diterapkan dalam sebuah produk, tetapi juga sudah meluas ke berbagai obyek seperti Event, Orang dan Tempat.

Tempat, lingkungan, atau perkotaan yang dapat mengolah brand dengan baik pun akan mendapatkan perhatian lebih oleh masyarakat sebagai konsumen.

Kali ini kita akan membahas betapa pentingnya sebuah branding dalam ruang lingkup perkotaan, atau biasa disebut dengan istilah City Branding.

Pengertian City Branding

City Branding adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh suatu daerah untuk membangun Citra atau Positioning yang kuat dalam regional maupun Global, sehingga dapat membangun Reputasi yang luas di mata dunia.

Berbeda dengan Brand  produk barang atau jasa, target konsumen City Branding lebih condong kepada wisatawan dan investor.

Sebuah Kota dengan Lingkungan dan Pariwisata yang baik pasti akan lebih diminati oleh para wisatawan, dan jika daerah tersebut mendatangkan banyak wisatawan maka para investor pun akan tertarik untuk berinvestasi di daerah tersebut.

Purnomo Siswoprasetijo yang merupakan CEO PATA Indonesia Chapter mengatakan,”Banyak Manfaat yang akan didapat dari penerapan strategi City Branding, diantaranya adalah Awareness, Reputasi serta Presepsi tentang suatu daerah.

Selain itu hal ini juga dapat mendorong iklim Investasi dan peningkatan kunjungan wisatawan.

Inilah yang nantinya akan mendorong para Investor untuk masuk didaerah tersebut.

Konsep ini juga merupakan salah satu solusi bagi suatu Negara atau Daerah untuk mencari pendapatan Devisa wilayah tersebut.

 

Jadi, dengan menerapkan strategi City Branding yang baik, sebuah daerah bisa menjadi Primadona bagi para wisatawan.

Jika sudah menjadi daerah yang dikenal secara regional dan global, maka akan banyak mengundang para Investor untuk berinvestasi didaerah tersebut.

Hal ini juga nantinya dapat mengembangkan potensi industri dari suatu daerah.

Bonusnya, penerapan strategi ini juga dapat menjadi solusi dari pendapatan devisa suatu negara atau daerah yang tidak stabil dari sektor ekspor, impor, SDA, dan SDM nya bisa diatasi dengan baik.


Sumber: 

Kenal Pengetahuan: https://www.kanal.web.id/2015/08/pengertian-city-branding-untuk.html

Kompasnia: https://www.kompasiana.com/laraswija/apa-itu-city-branding_56650a732623bd9b055dbcb4

A Medium Corporation: https://medium.com/sadeva-satyagraha/city-branding-98-kota-di-indonesia-4606fdc54254

 

Leave a Comment