5 Tahap Membangun Bisnis dari Nol
Konsep bisnis merupakan ide awal yang harus dibangun saat ingin memulai sebuah bisnis, hal ini perlu dilakukan sebagai perencanaan dalam membangun sebuah bisnis, agar bisnis yang kita bangun itu benar-benar berdasarkan rencana yang matang dan tidak asal-asalan, apalagi bagi kamu yang ingin memulai bisnis dari nol tentunya harusnya memiliki rencana bisnis yang matang. Adapun 5 tahapan yang dapat dilakukan membangun sebuah bisnis sebagai berikut :
1. Pahami Kebutuhan dan Kelangkaan
Banyak bisnis besar yang sukses karena mampu memenuhi kebutuhan pasar dan kelangkaan dari produk yang dibutuhkan, walaupun terlihat sederhana kebanyakan orang justru tidak memikirkan hal ini dalam membangun bisnis pertama kali. Hal yang percuma kalau ternyata produk yang kita bikin tersebut tidak ada nilainya, tidak dibutuhkan oleh pasar dan sudah tidak relevan lagi dengan kondisi sekarang. Temukan produk yang langka dan belum banyak yang menyediakan, serta bernilai atau dibutuhkan oleh banyak orang maka hal ini akan mempersempit tingkat persaingan.
2. Tentukan Target Pasar
Tentukan dahulu siapa yang nanti akan membeli produk yang kita jual, dari jenis kelamin, umur, kondisi geografisnya serta wilayah target pemasarannya, kondisi perekonomian target pasar yang dituju. Semakin spesifik target pasar yang dituju maka semakin baik, karena mengenal siapa konsumen kita adalah tahap penting yang jadi brand untuk produk kita. Tiap-tiap konsumen memiliki perlakuan yang berbeda baik dari segi produk maupun cara berkomunikasi.
3. Fokus Pelayanan untuk Kepuasan Konsumen
Hal yang sangat penting untuk bagaimana membuat konsumen yang membeli produk kita menjadi puas dan senang, apapun bisnis kita fokuslah pada kepuasan konsumen dan buat mereka senang dengan produk kita. Merancang user experience yang baik tidak semudah yang dibayangkan, banyak bisnis yang tidak memperhatikan hal ini dan akhirnya menjadi catatan buruk bagi bisnis mereka bahkan akhirnya ditinggalkan oleh konsumennya. Warren Buffet pernah berkata “Nasihat terbaik untuk para pebisnis kecil adalah jangan pernah berhenti berpikir tentang bagaimana caranya menyenangkan customer, bukan untuk memuaskan customer, tapi untuk menyenangkan customer”.
4. Manajemen Keuangan
Keuangan adalah nafas dari sebuah bisnis, jadi semua yang dilakukan harus diperhitungkan dengan matang sesuai dengan kondisi keuangan. Setiap bisnis memiliki perencanaan keuangan yang berbeda-beda, tapi apapun bentuk bisnisnya hal yang paling penting dalam perencanaan keuangan adalah menjaga cashflow. Tujuan utamanya tentu saja menjaga bagaimana agar kondisi cashflow tetap positif atau surplus.
5. Competitive Advantage
Buatlah brand dari produk yang dijual memiliki sisi keunikan atau sesuatu yang beda dibandingkan dengan produk yang lain. Tujuannya agar tidak setiap orang bisa meniru sembarangan produk yang kita jual. Konsumen yang membeli produk harus memiliki alasan yang kuat kenapa harus membeli produk yang kita jual. mereka membeli karena keunggulan produk yang unik dibandingkan dengan para kompetitor, produk kita harus punya hal yang beda dibandingkan dengan yang lain, baik dari sisi kualitas maupun pelayanan.
Itulah hal-hal yang dapat dilakukan dalam membangun sebuah bisnis apalagi membangun bisnis yang dari nol, meskipun ada banyak langkah lain yang juga dapat dilakukan, namun dengan kelima langkah ini sudah cukup efektif untuk membangun sebuah bisnis yang kecil maupun yang besar.