Dapunta Digital

Scale Up & Go Digital

5 Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan dari pelanggan memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis, apalagi bisnis online, karena maraknya tindakan penipuan dan scam yang mengakibatkan turunnya tingkat kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online. Berikut lima tips untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online kamu, agar pelanggan kamu menjadi pelanggan yang loyal.

customer.jpg

1. Perhatikan Barang yang dijual

Sebelum mendapatkan kepercayaan dari pelanggan pertama-tama bisnis online yang kamu jalankan layak mendapat kepercayaan, misalnya barang yang kamu jual harus sesuai dengan deskripsi dan deskripsi ini harus dibuat dengan jujur dan tidak dilebih-lebihkan. Seperti memberi keterangan apabila barang yang dijual adalah barang baru atau barang bekas. Tambahkan juga kelebihan dari produk yang kamu jual misalnya produk tersebut layak pakai dan kualitasnya terjamin meskipun produk tersebut barang bekas. Untuk produk baru pastikan detail deskripsi yang kamu buat sangat jelas seperti warna, ukuran, kualitas dan detail lainnya serta sesuai dengan kenyataan pada saat barang tersebut diterima oleh pelanggan. Jika kamu menjual barang elektronik, pastikan tentang deksripsi produk mengenai keaslian barang hingga semua spesifikasi harus sesuai dengan kualitas produk yang kamu jual.

2. Kualitas Foto Produk

Foto yang berkualitas adalah salah satu faktor yang membuat pelanggan percaya akan produk yang kamu jual. Foto yang berkualitas dapat menampilkan detail produk memberi kesan bahwa usaha bisnis online yang kamu jalankan dilakukan dengan profesional. Foto yang kamu tampilkan bukan hanya menunjukkan fitur dari barang yang dijual, tapi juga kegunaan dari produk tersebut. Perlu diingat juga jangan mengedit foto terlalu berlebihan hingga produk kamu tidak terlihat seperti aslinya.

3. Promosi yang Tepat

Saat ini banyak sekali beragam promosi yang dapat dilakukan secara online, mulai dari promosi melalui media sosial, hingga iklan di website, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan endorsement. Endorsement menjadi cara promosi yang cukup powerful saat ini. Mengingat semakin banyaknya jumlah influencer yang bertebaran di media sosial. Pilihlah influencer yang sesuai dengan jenis atau niche produk yang kamu jual. Dengan menggunakan layanan endorsement dari influencer yang tepat, kamu berpotensi mendapatkan audience yang sesuai dengan target pasar kamu. Alhasil kamu bisa memasarkan produk yang kamu jual ke target pasar kamu yang lebih spesifik lagi.

4. Buat Sistem Pembelian yang Mudah dimengerti

Jika kamu pernah melakukan transaksi online dan memutuskan untuk tidak lagi membeli karena sistem pemesanan hingga pembayarannya yang rumit, maka sistem yang rumit seperti ini hanya akan membuat pengunjung enggan melakukan pembelian dan bisa berpengaruh pula pada loyalitas pelanggan hingga kredibilitas bisnis kamu. Ingat toko online yang kamu kelola bukan satu-satunya toko yang menyediakan produk yang kamu jual. Sistem yang rumit sudah pasti membuat pelanggan memilih untuk melakukan transaksi di toko lain. Gunakan sistem pemesanan, pembayaran, konfirmasi hingga pengiriman yang mudah dipahami sehingga dapat mempermudah pelanggan bertransaksi di toko kamu.

5. Punya Website dan Akun Media Sosial yang Jelas

Jelas di sini berarti kamu harus dapat menyediakan informasi produk dan brand yang dapat diketahui oleh pelanggan. Jika tidak bisa menaruh seluruh katalog di media sosial, kamu bisa menggunakan website untuk membuat katalog online. Jangan lupa juga untuk menambahkan tombol di website toko online yang dapat mengarahkan pengunjung ke akun media sosial toko online kamu agar dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand milik kamu.

cust2.jpg

Nah itulah lima tips yang dapat kamu lakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online kamu.